Sabtu, 08 Oktober 2011

Fried Chicken Ala KFC


ini maksi ku hari ini,,ke betulan my hubby Jidan Putra hari ini libur..jd ada yg bantuin...xixixixi
aq menyantap nya bersama capcay goreng n mie goreng..hahaha
biariin dah lemak belukaar jugaaa...:D

bikin ini gara2 ngiler liat kirimannya mba Asmara Dewi Arisha...hadooow.....menggugah selera bangeet...
teteeeep pake resepnya bunda Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani yang asli enaaaak *aq ini bunda ricke loveers kali ya,,resep2 nya cocok di lidah q...yuhuuuuuuuu....
yuuu yang beluum maksi maem bareeng diri kuu...

bunda,,ijin copas lagiiiii...hehehee
yuu bikin ayam enak di rumah sendiri

FRIED CHICKEN ala KFC

(Adapted from NCC-Bu Fatmah, modified by Ricke)

Bahan:
1/2 ekor ayam (sekitar 500 gram), potong-potong imut juga monggo :P ~ Aku tadi jadinya 6 potong
1 sdt air jeruk nipis
1/2 sdt garam
1 sdt kaldu ayam bubuk (aku pake yg non MSG)
1/4 sdt merica bubuk

Tepung bumbu pelapis:
300 gram terigu protein sedang/all purpose
1 sdm tepung sagu
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt garam
1 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk

Bahan pencelup:
1 butir putih telur
1 sdt kaldu ayam bubuk
250 ml air

Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng 'deep frying'.

Cara membuat:
1. Taruh ayam pada wadah, lumuri air jeruk nipis, garam, kaldu ayam bubuk dan merica bubuk. Simpan dalam lemari es selama 1 jam agar bumbu meresap (klo buru-buru bisa minimal 15 menit).
2. Campur semua bahan tepung bumbu. Aduk rata. Sisihkan.
3. Kocok putih telur hingga encer dengan garpu/whisk, beri kaldu ayam bubuk. Aduk rata. Tuang air. Aduk rata. Sisihkan.
4. Panaskan minyak dengan api sedang. Jangan menggunakan api besar agar lapisan tepung tidak cepat gosong sedangkan bagian dalam ayamnya belum matang.
5. Ambil sepotong ayam, gulingkan ke tepung bumbu pelapis sebentar saja (cukup tipis saja), kemudian celupkan ke bahan pencelup sebentar saja, angkat dan gulingkan ke tepung bumbu lagi. Gulingkan sambil dipadatkan agar tepung melekat dengan baik pada ayam. Kemudian cubit-cubit ayam dengan ujung jari kita untuk membuat efek 'kriwil' pada tepungnya ketika digoreng ^__^
6. Goreng ayam dalam minyak yg sudah dipanaskan sambil sesekali disiram jika ada bagian yang tidak terendam minyak dengan sempurna. Bolak balikkan ayam jika dibutuhkan. Goreng hingga kecoklatan an kering. Angkat dan tiriskan.
7. Sajikan dengan saus sambal atau saus tomat.

Tips:
- Gunakan minyak dalam jumlah banyak untuk menggoreng 'deep frying', ini salah satu faktor yang akan membuat ayam menjadi renyah kriuk kriuk.
- Panaskan minyak dengan api sedang, jangan gunakan api besar untuk menghindari tepungnya cepat gosong sedangkan bagian dalam masih belum matang sempurna. Alhamdulillah aku klo bikin selalu matang sampai ke bagian dalam.
- Saat membalut ayam dengan tepung bumbu, balut sambil dipadatkan tepungnya agar menempel dengan baik pada ayam. Kemudian cubit-cubit dengan menggunakan ujung jari-jari kita untuk mendapatkan efek 'kriwil' pada tepungnya saat digoreng.
- Kita tidak bisa mengharapkan ayam setelah digoreng dan didiamkan di suhu ruang akan dapat bertahan terlalu lama renyahnya.
Jika kita membeli ayam dari resto fried chicken terkenal sekalipun, jika kita bawa pulang dan didiamkan agak lama juga pasti akan tidak renyah lagi.
Ayam yg disimpan di rak display di resto akan lebih tahan lama renyahnya karena rak displaynya mempunyai penghangat (display warmer/display heater) untuk menjaga ayam yg telah digoreng tetap renyah dan fresh ^__^

selamat mencobaaaa....:D

0 komentar:

Posting Komentar