Senin, 31 Oktober 2011

Perkedel Tahu Sayuran



Aq suka banget ma makanan ini,,bikinnya cepat n rasa nya enak,,q bikin tadi pagi sebelum suami ku berangkat..hehhee
mba Sri Wahyuni,,ini loh janji vika kemaren..hehehe

awalnya resep ini trinspirasi dari resepnya koki cilik,,tayangan lama..aslinya tengahnya pake keju mozarella,,tapi aq selalu buat pake udang...hahahha...

yu di intip resepnya...:D

PERKEDEL TAHU SAYURAN
source : koki cilik
modifed by me...:p

Bahan :
6 buah tahu putih
2 sdm tepung terigu
1 bungkus royco
1 sdt kecap ikan
1 buah wortel.potong dadu kecil
4 batang daun bawang,iris halus
3 batang seledri,iris halus
gula n garam secukupnya
1 sdt merica bubuk

isian :
aku pake udang tumis manis

cara membuat :

1. Letakkan tahu dalam wadah besar,remas2 tahu sampai hancur n halus..

2.masukkan semua bahan,,aduk rata n cicipi

3. ambil sedikit adonan di tangan ,pipihkan,beri udang di tengahnya,bentuk lonjong,,lakukan sampai habis

4. goreng sampai matang n kecoklatan dlm minyak banyak..angkat..

5. sajikan sebagai teman lauk..

mudah bukan??yuuu cobain..hehehe

btw,,saturan n isian bisa apa aja...:D
 

Gandasturi

AKHIRNYA..setelah jatuh bangun gedebuk enjoy..hihihi bisa juga ngedit ini walo jeleeeeeeek...:(
ini dia yang namanya gandaasturi hasil pengolahan kacang ijo kemaren..
ngintip resep nya mom Esther Fieling Wahyu trus di bantuin bikinnya ma mamah q...enaaaaak bangeet...

panggil kacjo lovers aaah...ka Tika Adam mba Ajeng Rani R
panggil juga mba Kristi Pambudi mba Melly Octaviana,,teteh Elya Peppy Agustien,,mba yu Sri Wahyuni ka 'suzan Bundanya Ici'..mb yu Devi Yanti...enaaaak...enaaak..:D

bahan :

150 gram kacang hijau,rendam air 4 jam
75 gram gula pasir
80 ml santan
1 lembar Daun pandan,
1/4 sdt Vanilla
1/4 sdt Garam

celupan :

100 gr tepung terigu(vika segitiga)
2 sdm tepung beras
3 sdm gula pasir
75 ml air
1/2 sdt garam

Cara Membuat :

1. Isi : rendam kecang hijau kupas dengan air panas selama 4 jam atau lebih, tiriskan, kukus hingga matang. Kemudian Blender ( haluskan ) kacang hijau kupas kukus tadi. Simpan di dalam wajan / panci di atas api kecil. Tuangkan santan, gula pasir, garam dan vanilla, aduk hingga adonan padat dan mudah di pulung, cicipi, angkat dan bentuk bulatan dengan ukuran sesuai selera.

2.kulit : aduk rata semua bahan,tuang air sedikit demi sedikit,,,adonan TIDAK ENCER....

3. penyelesaian : panaskan minyak agak banyak,celupkan bulatan kacjo ke dalam adonan kulit,goreng...lakukan sampai habis...angkat

4. sajikan hangat...

selamat mencobaaaaa..

Kamis, 27 Oktober 2011

Sate Goreng Pedas

Kangen maksi yg enak2..hehe..
Sekalian menyambut datang nya lebaran haji jd aq masak ini *apahubungannya*..hihi:p
kloop kan ama piringnya yg araab2 banget..hehe..
Resepnya nyontek dr mba Vivi Nowotny..aslinya pake domba,karna ga ada ya aq pake daging sapi..
Asli pedaas n enaaak,,ORANG DIET dilarang makan ini..hihihi..
Untuk temannya aq masak sambal goreng kentang telur puyuuh,,sama2 pedaas n nyummi..

Ijin copas resepnya mba..


SATE GORENG PEDAS
by : 

bahan :
500 gr daging sapi, potong dadu kira kira 2 cm

Bahan Perendam :
1 sdm mentega, cairkan
1 sdt ketumbar sangrai, bubuk
3 siung bawang putih, haluskan
3 - 4 sdm Kecap manis ( saya pakai Bango )
1/4 sdt merica bubuk
1/8 sdt garam ( sedikit saja karena sudah asin dari mentega )
Sedikit mentega untuk menumis.

Bumbu halus :
1 bh cabai merah, buang biji, ( Menurut selera )
6 siung bawang merah

caranya :
1. Campur bahan perendam lalu masukkan potongan daging sapi kemudian aduk rata, simpan dalam wadah tertutup atau pelastik. Diamkan dalam lemari es minimal 1 jam.
2. Tumis bumbu halus dengan sedikit mentega, sampai harum.
3. Lalu masukkan Daging bersama bumbu perendamnya, aduk dan masak hingga matang. Angkat. Sajikan bersama nasi hangat.

*Selamat Mencoba*

Rabu, 26 Oktober 2011

Soft Bread Chocolate

yuhuuuuuu,,,ini dia my first sweet bread,,,,xixixii...
akhirnya walaupun belum sempurna bentuk nya,,lumayaanlah buat pemanasaaan..hehehee...
aslii empuuk boo,,,sekaraaaang bener2 ga takut lagi buat bikin roti...xixixixi
ayoo para CA LBT yg lain SEMANGAAAAAT....!!!!!

aq pake resep NCC nya bu Fatmah Bahalwan Ncc...makasih bu resepnya...:D
ini aq copas resepnya ya kali aja yg mo coba...:D
aq tadi buat 1/2 resep aja teman...


SOFT BREADS CHOCOLATE

:: Penulis : Fatmah Bahalwan


Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr gula
100 gr mentega
11 gr ragi instant
½ sdt bread improver
4 btr kuning telor
300 ml air es
½ sdt garam

filling...:
DCC
meisyes
selai
kacang ijo/apauun...vika pake dcc cincang..

olesan ;
telor kocok
atau madu

Cara membuat:

1.Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata

2.Masukkan air 200ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.

3.Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.diamkan 15 menit.

4. Adonan siap dibentuk-bentuk dan di isi.letakkan dalam loyang..

5.Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali(30-60 menit,tergantung kehangatan udara), lalu oven hingga matang dan kecoklatan.

Catatan: sisa air 100ml buat jaga-jaga aja kalau adonan kurang lembek tambahkan sedikit demi sedikit.

selamat mencoba...:D

Sabtu, 22 Oktober 2011

Bolu Coklat "Seadanya"

hiikss..hiikksss..
Gara2 tergoda liat postingannya mba Melly Octaviana ama DFC trus ditambah ka'suzan Bundanya Ici' ama SFB nya..lanjuuut di panasin ama mba yu Sri Wahyuni ama cake bayaam nyaa..
Akhirnya diet q tergoda..huaaaa..huaaaa..
Jadi lah aq buat bolu coklat ini,, asli amburadul ga bisa kasih garnis di atasnya,,tapi rasanya ..ohohoo..boleeh lah di adu..wkwkwkwk..
Resep asli aq ambil dari resep Black Forest potong nya ka Dida Rachmadiah,,cuma aq bikin 1/2 resep pake 3 telur n loyang bulat 20 hihiihii
Biar ga banyak2 maemnya..:p*padahal mang telur tgl 3..wkwkwkk
Mau di kasih nama Black Forest juga koo ya penampakan punya q jauh bangeet dari BF..wkwkwkwkwk..
Cuma kasih margarin n serutan DCC n WCC...cukuup laah buat ngobatin ngileer..hehe

Nh aq cpas resep aslinya yaa..
ijin copas ka didaa..

BLACK FOREST POTONG
by Dida Rahmadiah 

Bahan :

6 Butir telur
120 Gr Gula
1 sdt SP
1/2 sdt vanili bubuk

100 Gr terigu protein rendah/ sedang
10 Gr maizena
40 Gr Coklat Bubuk, ( Aq pk bordeaux Tulip )

100 Gr Margarin/butter, lelehkan
2 sdm susu kental manis

Untuk Hiasan :
BC / Butter cream secukupnya
DCC serut
Manisan cherry secukupnya

Caranya :

* Ayak tepung, maizena dan coklat bubuk, sisihkan
* Kocok telur dan gula sampai setengah mengembang, lalu masukkan SP dan vanili, kocok lagi sampai mengembang , berjejak dan KENTAL
* Masukkan campuran tepung, bisa menggunakan speed rendah atau aduk balik dg spatula sampai rata, masukkan susu kental, dan margarin leleh, aduk balik perlahan sampai rata.
* Tuang kedalam loyang ukuran 26x26x4 cm, yg sdh dioles margarin dan di alas kertas, hentak perlahan ke meja agar gelembungnya keluar, lalu panggang sampai matang.
* Setelah matang, dinginkan, olesi BC, taburi DCC parut potong sedikit saja pinggirannya, potong2 ukuran 5x5cm, rapikan, hias dg cherry..
* Untuk 25 buah

Happy Baking..^_^

Nah,,aq pake 1/2 resep dr resep di atas ya kawaaan..:D

Kripik Sukun

Kangeen juga pengen upload foto..hihii..
Cemilan 1 ini aq buat beberapa hari yang lalu,,mau upload kemaren2 ga tau ini foto nyempil di folder mana..hehe..
Dikasih tetangga 3 bj sukun, 1 dah di goreng biasa, 1 q kasih ke temen n 1 nya q bikin ini..
Sempet tanya juga kemaren ma tmn2 fb,,ada yg kasih saran buat bikin kripik..yo wess,,tanjaap gaas bikin ini,ngiris manual pake pisau..heu..heuuu..*kerajinan*,,coz ga punya alatnya,,liat tu hasilnya kurang rapiih..:D 
Asli resep nya ngasaal,,tp aq cocok ma resep asal q ini,,kriuk2 gurih gitu..wkwkwk...

Aq tulis ah resep ngasal q, kali aja nanti aq mo buat lagi..:D
buat yg mo coba,,maafkan,resep nya ngasal,hihiihi
Ato barang kali teman2 ada yg punya resep yg benar,,boleh lah bagi ke vika..:D

KRIPIK SUKUN 
by Davika IndriPutra...xixixixixixi..

Bahan :

1 buah sukun,kupas,cuci bersih,potong2 memanjang lalu iris tipis,cuci lagi,tiriskan.
Minyak yg banyak untuk menggoreng.
50 ml air

Bumbu Halus :

4 siung bawang putih
1 sdt merica bubuk
1 sdm garam
1/2 sdt royco
sejumput gula

Cara membuat:

1. Campur irisan sukun dengan bumbu halus,tambahkan air. Aduk2 sampai benar2 rata.
2. Diamkan -/+ 30 menit agar bumbu meresap.
3. Goreng sukun sedikit demi sedikit dalam minyak panas dan banyak dengan api kecil sampai matang kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan,dinginkan.
4. Kripik sukun siap dijadikan cemilan..:D

NOTE :
- kalo suka kripik sukun bisa ditambahkan bumbu kentang goreng rasa jagung,tapi skip bumbu halus nya,,hanya goreng dengan garam..:D

ayoo temaan,,bantu aq menikmati ini..:D

Rabu, 19 Oktober 2011

Onde-onde Pelangi

Kebetulan masih punya isian kacang ijo,sisa mocci kemaren.. Sayang kan ga di manfaatin..hehehee*padahal mang nafsu ngemil besar..xixii..
Liat resep onde2 nya mba Vivi Nowotny..akhirnya pagi2 ngupreek ini deh,,bikinnya cepat,krna filling nya dah ad..
1 adonan q bagi 3 warna,, mau nya ngikutin mba vivi,,apa daya warna merah n kuning q habis,,so q ganti pake pink,orange n hijau muda.. Yuu temaan,, intip resepnya, enak dan kalo dingin Alhamdulillah ga mengeras..:D

ijin copas ya mba..:D

ONDE - ONDE PELANGI
by : Vivi Nowotny

Bahan :
225 gram Tepung ketan
25 gram Tepung sagu tani
20 gram Gula pasir ( kira - kira 2 sdm )
1 butir Telur ukuran besar, kocok lepas
1/2 sdt Garam
1/2 sdt Vanilla
150 - 160 ml Air hangat ( air panas tidak mendidih )
200 gram Wijen putih (vika pake wijen mentah)
Minyak goreng ( deep frying )

Isi :
150 gram kacang hijau kupas
75 gram gula pasir
80 ml santan
1 lembar Daun pandan,
1/4 sdt Vanilla
1/4 sdt Garam

Caranya :
1. Isi : rendam kecang hijau kupas dengan air panas selama 1 jam atau lebih, tiriskan, kukus hingga matang. Kemudian Blender ( haluskan ) kacang hijau kupas kukus tadi. Simpan di dalam wajan / panci di atas api kecil. Tuangkan santan, gula pasir, garam dan vanilla, aduk hingga adonan padat dan mudah di pulung, cicipi, angkat dan bentuk bulatan dengan ukuran sesuai selera.
2. Kulit : Aduk rata tepung ketan, tepung sagu tani, telur, gula pasir, garam, dan vanilla hingga tercampur rata.
3. Tambahkan sedikit demi sedikit air hangat, hingga adonan dapat di pulung / di bentuk.
4. Ambil adonan secukupnya, pipihkan, taruh adonan isi, bentuk bulat kembali hingga menutupi adonan isi. Gulingkan ke dalam wijen sangari, sedikit di tekan dengan tangan. Lakukan hingga adonan selesai di bentuk semua.
5. Masukkan adonan semua ke dalam minyak hangat dengan api kecil, kemudian besarkan api dengan api sedang. Goreng sambil terus di aduk pelan, hingga Onde mengapung dan matang ( hanya sebentar menggorengnya - akan terlihat onde yang sekiranya sudah matang ). Angkat. dan Tiriskan.

Note :
1. Perhatikan step penggorengannya. Onde tidak perlu di goreng dalam api besar dan minyak yang sangat panas, dengan begitu onde akan mudah pecah.
2. Adonan kulit saat di bentuk jangan terlalu tipis dan isiannya jangan terlalu banyak, karena akan mengakibatkan mudah pecah saat di goreng.
3. Adonan kulit dapat di beri beberapa tetes pewarna untuk variasi warna pada onde.
4. Adonan kulit dapat di tambahan 1 sdt air kapur sirih, untuk menghasilkan adonan kulit yang lebih padat / kenyal / tahan lama. ( jika suka ).

Mba Ajeng Rani R,,liat nh saking kacang ijo lovers nya jd bebikinan kacang ijo terus..hehe*ttp pengen hula2 nyaa..

Selasa, 18 Oktober 2011

Ayam & Telur Masak Habang

Kawaaan,,,ini nih menu maksi ku tadi sekaligus menu maksi temen2 kantornya my hubby yang tiba2 mau datang ke rumah..hehhee
untung sudah belanja,,jd bisa deh menyuguhkan ini..:D
Katanya penasaran ma masakan ku , karna ga sengaja liat file foto2 masakan ku di flash disk my hubby...xixixixi...
alhamdulillah yaah,,mereka pada seneng...hihiihiii

untuk pare nya aq pake resep nya mba Diah Raki...maknyoooos n ga terlalu pahit..
sambal goreng ususnya aq masak pake bumbu... serbagunanya mommy Wiwik Sulistiyo...nyaaaam...nyaaaam......

Ayam masak habang ini adalah salah satu masakan khas banjar,biasanya di santap dengan nasi kuning,acar dan kerupuk,,,karna daadakan yaa ga sempet bikin nasi kuningnya..hehehe

ayooo yg mau coba bikin n ingin merasakan masakan khas banjar ini,,yuu di liat resep nyaaa....:)


AYAM MASAK HABANG & TELOR MASAK HABANG
bY Davika IndriPutra

Bahan :
1 ekor ayam ,potong 14,,lumuri dengan garam + asam jawa,goreng sebentar
10 biji telur rebus
50 gr gula merah,siisir halus
garam dan gula pasir secukupnya..
5 cm kayu manis
2 buah bunga pekak
100 ml air

Bumbu halus :
15 siung bawang merah
10 siung bawang putih
2 cm jahe
100 gr lombok merah kering,rendam air panas,buang biji
1 buah terasi abc
2 sdm air asam jawa

pelengkap :
Bawang merah goreng
Acar banjar(lagi ga pake)

Cara Membuat :

1. Panaskan minyak goreng yang agak banyak,,tumis bumbu halus sampai benar2 matang,wangi dan keluar minyak,,masukkan bunga pekak dan kayu manis.aduuk

2. Masukkan ayam dan telur rebus,,masak sampai bumbu benar2 meresaap,tambah kan 100 ml air,,beri gula merah,gula pasir dan garam...cicipi

3.Masak sampai tanak,,angkat..

4. sajikan dengan pelengkapnyaaa...

NOTE ;
- Ayam ato telur bisa di ganti daging,udang,hati ampela ati atau ikan laut...

SELAMAT MENCOBA