Senin, 07 Mei 2012

PIZZA SOSIS

pizza sederhana yang aq buat untuk sarapan aq dan suami kuu...heheh
dasar nya lidah ndesooo,,,jd aq mang kurang suka makan pizza,,makanya topping dan isian nya aq sesuaikan ama lidah kuu..heheh

resep rotinya pake resep dr bunda nadhifaa..
yuu buat pizza sendiri..:)


 PIZZA SOSIS

Bahan pizza base/pizza crust/roti pizza:
by Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani

7 gram ragi instan (sekitar 2 sdt)
200 ml air hangat
1 sdt gula pasir
250 gram tepung terigu protein tinggi (Cakra Kembar)
100 gram tepung terigu protein sedang (Segitiga Biru)
2 sdm minyak zaitun (klo ga ada bisa pakai minyak goreng kualitas baik)
1/4 sdt garam

Cara membuat:
1. Larutkan ragi instan dan gula pasir dalam air hangat. Biarkan 10 menit sampai berbusa (tanda ragi bekerja dan masih dalam keadaan bagus).
2. Taruh tepung terigu dan garam dalam wadah, aduk rata dan buat lubang di tengahnya, masukkan larutan ragi instan pada lubang, aduk rata. Masukkan minyak zaitun. Uleni sampai setengah kalis. Uleni terus sampai kalis dan elastis (adonan tidak lengket, mengkilap, halus dan tidak mudah sobek jika dibeberkan tipis).
3. Bulatkan adonan dan taruh dalam wadah yg telah dioles minyak. Diamkan selama kurang lebih 1 jam sampai adonan mengembang 2x lipatnya (tutup wadah dg plastik atau serbet lembab agar adonan tidak kering).
4. Kempiskan adonan yg telah mengembang. Uleni lagi sebentar. Bagi menjadi beberapa bagian sesuai ukuran pizza yg akan Anda buat. Saya kemarin langsung dicetak di loyang persegi ukuran 30x30x3 cm. Adonan langsung ditaruh di tengah loyang, kemudian ratakan sampai menutupi seluruh permukaan dasar loyang. Jangan lupa loyangnya dioles minyak dulu yaa...









Untuuk topping nyaa aq ngaraang sendiri niy,,hahahahah
 
Saus dan topping:
hasil mengarang indahnya Davika IndriPutra,,hehe

5 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal
2 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
1 sdm oregano kering
1 sdt garam
seujung sendok gula
1/2 sdt merica bubuk

Cara membuat:
Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan saus tomat. Masak sampai kental dan meletup-letup. Tambahkan oregano,guls, garam dan merica. Aduk rata, angkat, dinginkan.

topping :
5 buah s0sis,potong bulat
5 buah baso.potong bulat
sedikit kembang kol
ayam cincang,tumis bentar
keju quickmelt


penyelesaiaan ;
 
Taruh adonan pizza crust yg sudah digilas dalam pizza pan, atau klo ga ada pake loyang tipis yg buat kue kering juga boleh yg telah diolesi tipis dg minyak goreng.
Beri keju mozarella/ quick melt , lalu oleskan saus dan ratakan. Tata topping sesuka hati, beri keju mozarella lagi di atasnya. Panggang dalam oven panas sekitar 200'C selama 15 menit sampai keju meleleh. Jangan overbake ya! Nanti rotinya jadi kering dan keras.
Keluarkan dari oven, segera potong2. Sajikan hangat lebih enak. Lengkapi dg saus sambal, saus tomat atau mayonaise.
 
^_^